RSS Feed

Pura Tirtha Empul

Pura Tirtha Empul terletak di desa Tampak Siring kecamatan Tampak Siring Kabupaten Gianyar, sekitar 39 Km ke arah timur Kota Denpasar. Lokasi tersebut merupakan lembah, dikelilingi daerah yang lebih tinggi dan disebelah baratnya terletak Istana Presiden Republik Indonesia.

Di pura ini terdapat dua jenis bangunan, yaitu permandian Tirtha Empul dan Pura Tirtha Empul. Permandian Tirtha Empul dibangun pada jaman pemerintahan Raja Sri Candrabhaya Singha Warmadewa, hal dapat diketahui dari piagam batu yang terdapat di Desa Manukaya yang berbunyi "...waktu tahun isaka 884 bulan keempat ketika bulan terang tanggal 13 hari pasaran kajeng pada waktu itulah Baginda Raja Candrabhaya Singha Warmadewa membangun permandian Tirtha Empul...".

Sedangkan Pura Tirtha Empul dibangun pada masa pemerintahan Raja Masula Masuli seperti termuat dalam lontar Usana Bali disebutkan bahwa "sudah selesai tuntas semua parahyangan Bhatara semua seperti Pura Tirtha, Mangening, Ukir Gumang, Jampana Manik atau Gulingan, Alas Arum atau Belahan Tirtha Kamandalu, Pura Penataran Wulan, Puser Tasik, Manik Ngereng, semua direncanakan oleh Baginda Raja Masula Masuli bersama dengan Mpu Rajakertha...."

 


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+3+2