RSS Feed

Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah terletak di dekat tebing perbukitan batu karang yang bernama bukit Tengah di Desa Pesinggahan Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung, sekitar 50 Km arah timur Kota Denpasar.

Ditinjau dari segi arah mata angin, Pura Goa Lawah menempati arah tenggara Pulau Bali, pada pura ini di dipuja SangHyang Widhi Wasa dalam manifestasi sebagai Maheswara.

Dalam Lontar Usana Dewa disebutkan bahwa semua Sad Kahyangan di dirikan oleh Mpu Kuturan, dengan demikian maka Pura Goa Lawah sebagai salah satu Sad Kahyangan didirikan oleh Mpu Kuturan.

Dalam lontar Dwijendra Tattwa disebutkan:

Tidak diceritakan dalam perjalanannya, setelah melewati pantai Kusamba sampailah DangHyang Nirartha (DangHyang Dwijendra) pada suatu tempat di seblah timur Kusamba. Disana beliau beristirahat sambil menikmati pemandangan alam sekitarnya yang dirasakan dapat memberikan ketentraman dan ketenangan baik secara niskala maupun sekala. Dari tempat ini tampak jelas pulau Nusa Penida di seberang lautan, dan keindahan alam ini sangat menawan dan mempesona hati DangHyang Nirartha, oleh karena itu beliau memutuskan untuk bermalam disana.



Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 3+3+6