RSS Feed
timbul bhuana
image

Timbul Bhuana

greatest memories...


Jalan Kapten Sujana No, 1 Blahbatuh Gianyar Bali
telp/WA.: 081237592626
Fax. 0361 955276
email: timbulbhuana@gmail.com
PIN BB : 24d95305
Artikel Terbaru
SLINK

Sangeh

Pada abad 17 pada jaman keemasan kerajaan Mengwi, I Gusti Agung Ketut karangasem mendirikan Pura di tengah Hutan pala yang selanjutnya disebut Pura Bukit Sari. Mitos terbentuknya hutan Sangeh ini terkait pemindahan kayu hutan dari Gunung Agung di karangasem ke Mengwi.

Dari Denpasar menuju Sangeh dapat ditempuh kurang lebih 30 menit. Hutan Sangeh atau hutan pala ini sangat terkenal, karena ini dihuni oleh banyak kera. Di dalam hutan ini diperkirakan jumlak populasi kera sebanyak 600 ekor.

Keunikan lain yang ditawarkan adalah pohon pala yang ada di kawasan hutan ini. Pohon pala disamping untuk menjaga kelestarian hutan, juga untuk menjaga populasi kera. Salah satu pohon pala yang unik ada di kawasan hutan tersebut. Masyarakat Sangeh mempercayai pohon tersebut memiliki kekuatan magis. Karena itu umat Hindu disana menghaturkan sesaji di pohon tersebut.

Jika dilihat dengan seksama, batang pohon ini mirip dengan dua kaki yang mengangkang. jika dilihat keatas, maka diatas batang yang mirip paha akan tampak bentuk yang mirip pusar manusia. Turun dari pusar akan tampak bentuk mirip kelamin wanita (vagina) dibawah vagina agak kedalam tampak sebatang dahan yang menggelantung mirip kelamin pria (penis).

Pohon ini dinamai pohon lanang wadon (laki perempuan) karena memiliki kelamin ganda. Juka dikaitkan dengan filosofi Hindu, maka lanang wadon dapat diartikan sebagai lingga yoni, purusa pradana dan rwa bineda.


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 9+3+3