RSS Feed

Pantai Kedonganan

image

 

Matahari masih malu-malu menyapa sementara fajar telah menyingsing gagah. Namun, warga Pantai Kedonganan sudah tampak ramai memenuhi pantai. Dengan diiringi deburan ombak yang tenang dan pemandangan pasir putih yang cantik, mereka menanti dengan sabar para nelayan pulang melaut.

Di Pantai Kedonganan ini memang terdapat pasar ikan tradisional. Menjelang matahari terbit, para pedagang ikan sudah bersiap-siap membeli ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan yang sudah melaut sejak malam. Karena hasil tangkapan ikan baru diantar ke pasar pagi hari, umumnya pembeli di pasar baru ramai datang saat tengah hari.

Pantai Kedonganan yang terletak di area Jimbaran, Bali ini hanya berjarak 3 kilometer dari Bandara Ngurah Rai. Mungkin Anda pernah mendengar Pantai Jimbaran yang terkenal dengan deretan restoran seafood . Nah, Pantai Kedonganan ini adalah bertetangga dengan Pantai Jimbaran, jaraknya 5 menit berkendara sepeda motor.

Pantai Jimbaran dan Pantai Kedonganan memang merupakan sentra restoran seafood di Bali. Rasanya belum lengkap jika Anda ke Bali tapi belum menikmati hidangan laut di tempat ini. Di sebelah selatan Pantai Kedonganan, berjejer deretan cafe yang pengelolaannya dipegang oleh desa adat setempat.

Menu yang biasa ditawarkan antara lain berbagai jenis ikan, lobster, udang, kepiting, cumi-cumi, dan kerang. Semua bahan laut ini terjamin kesegarannya karena dibeli di pasar ikan tradisional Kedonganan.

Harga menu di restoran-restoran ini pun rata-rata seragam dengan rasa yang begitu lezat. Menu favorit adalah ikan bakar kakap yang disajikan dengan nasi, kangkung plecing khas Bali, dan sambal. Dijamin rasanya membuat Anda puas dan ketagihan.

Ada restoran-restoran buka menjelang waktu makan siang. Tapi, makan malam tentu saja menjadi waktu yang direkomendasi. Pilihlah saat matahari tenggelam sekitar jam 6 sore. Sambil menikmati pemandangan pantai yang berwarna jingga dan deburan ombak yang menghanyutkan, makan malam Anda pun terasa romantis. Karena itu tak heran pasangan bulan madu kerap menikmati makan malam romantis di sini.

Pemandangan pantai memang menjadi nilai jual tersendiri. Terlihat dari penempatan kursi dan meja makan yang terletak di pasir, sehingga pengunjung makan sambil merasakan angin laut yang menyegarkan.

Beberapa restoran menyediakan fasilitas sewa jukung , perahu khas nelayan Bali. Pengunjung dapat menaiki jukung ini dan berlayar ke sekitar Pantai Kedonganan. Perjalanan yang sangat mengesankan bila dilakukan di sore hari. Karena Anda bisa melihat lampu-lampu restoran satu per satu mulai dinyalakan bagaikan titik-titik kunang-kunang. Lalu kepulan asap dari aktivitas dapur yang sedang membakar ikan menambah suasana syahdu.

Anda juga bisa menikmati hidangan laut di pasar ikan tradisional Kedonganan. Pengunjung dapat memilih langsung ikan atau bahan masakan laut lainnya di pasar. Kemudian di area dekat pantai ada tempat khusus untuk membakar ikan.

Jika Anda ingin berbelanja di pasar ikan ini, pintar-pintar menawar dan cermatlah dalam memilih ikan. Pilih ikan yang masih segar dan tidak berbau. Belilah ikan mulai dari jam 10 pagi hingga jam 2 siang. Karena jika Anda membeli ikan di sore hari, dikhawatirkan kualitas ikan sudah turun.

Kunjungi Pantai Kedonganan dan bersiaplah jatuh cinta pada kenikmatan hidangan laut di tengah panorama matahari tenggelam nan eksotis.

 

Referensi:

http://kompas.com

 


Senja di Kedonganan

Enaknya di Bali itu ketika pengin nikmatin senja di pinggir pantai tinggal pilih. Cukup banyak spot yang dapat dituju untuk menghabiskan sisa sore. Kuta menjadi pilihan yang jamak. Namun jika ingin sekedar beralih dari keriuhan Kuta, masih banyak beberapa tempat yang tidak jauh dari Kuta Bali untuk menangkap senja.

Sore itu saya memilih salah satu pantai di Kawasan Jimbaran untuk menikmati senja. Perjalanan kembali dari Uluwatu ke Legian yang melewati Jimbaran membuat saya memilih menepi di sekitar Kedonganan_tempat yang dikenal sebagai salah satu pasar ikan di Bali sekaligus salah satu pusat kuliner sea food.

Pengin rasanya duduk di salah satu kursi di resto pinggir pantai sambil nikmati sunset. Sayang duit lagi nggak bersahabat, sehingga saya lebih memilih duduk di pantai yang lagi surut sambil menikmati ‘berisiknya’ turis-turis dari Asia Timur.

Trivia Pantai Kedonganan

· Pantai Kedonganan ini nggak begitu jauh dari Bandara Ngurah Rai, sehingga dari kejauhan bisa pula melihat landasan pesawatnya.

· Apabila pengin sekalian makan malam, bisa banget mlipir ke salah satu restoran sea foodnya.

Apabila lagi bokek dan tetep pengin nikmatin sunsetnya saja, bisa kok markir motor di deket SPBU, trus masuk saja tanpa perlu bayar lalu duduk sepuasnya di atas pasir putih yang lembut.

Dan, kalo lapar dan tetep keukeuh nggak mau makan di resto seafood bisa keluar dari kawasan Kedonganan lalu mencari makan di warung Jawa Timuran yang bertebaran di jalan raya Kedonganan-Bandara/Tuban.

Sumber: viva.co.id


3 Komentar
image

Fri, 24 Oct 2014 @21:02

wisata bromo

Disana tersedia penginapan seperti homestay gitu ga?
Rame rame yang penting murah :D

image

Sat, 25 Oct 2014 @20:44

timbul bhuana

ada...
hubunhi kami kalo mau ksna

image

Thu, 22 Jan 2015 @19:00

wisata bromo

pantainya sangat bagus


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 9+9+3